Bussines Plan Baso Aci Ganteng


BUSSINES PLAN
“BASO ACI GANTENG”

Nama Usaha        : Baso Aci Ganteng
Alamat                 : Jalan Grand Galaxy City 3, Bekasi Selatan. Kota Bekasi
No. Telp               : 0812-5533-399
Instagram             : @Basoaciganteng

Disusun Oleh:
1.     Fitri Khumairoh    (22218790)
2.   Kiki Zakiah Ulfa   (23218696)

FAKULTAS EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2018/2019



PENDAHULUAN

1.1   Sejarah berdirinya Usaha
          Untuk kalian yang baru pertama kali mendangar nama kuliner ini pasti ragu dengan rasanya. Memang penampilannya cenderung mirip dengan makanan yang sama-sama terbuat dari aci seperti cimol dan cilok. tetapi kalian pasti akan menemukan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan baso lainnya ketika menyantap baso aci .
            Kuliner ini mulai menjadi perbincangan banyak orang setelah sebuah kedai bernama “Baso Aci Ganteng” di Bandung, berdiri pada bulan Februari tahun 2016 lalu. Namun sebenarnya makanan ini merupakan makanan khas asal kota Garut, Jawa Barat. Bamyak juga yang berjualan via online shop dan dikemas menggunakan pelastik, karna itu kami ingin mengembangkan langsung untuk daerah Bekasi dan sekitarnya.
                                                2.2 Visi dan Misi
·       Visi
Menjadikan Baso Aci Ganteng kuliner besar yang menghasilkan Baso berkualitas tinggi dan menciptakan baso ini kaya akan  rasa yang khas.
·       Misi
Menciptakan Baso Aci sedap dan halal dengan kreasi, inovasi dan harga yang terjangkau tentu juga memberikan pelayanan yang ramah.




ASPEK PEMASARAN

2.1  Gambaran Umum Pasar
     ·        Segmentasi Pasar
Ø  Geografis 
Baso Aci Ganteng ini rencana akan dibuka di Daerah dengan konsentrasi konsumen yang tinggi. Seperti di Bekasi tepatnya di daerah Grand Galaxy City, yang memang terkenal akan kawasan kulinernya. Selain itu, ada juga cabang yang bertempat di Ibu Kota Indonesia ini tepatnya di kawasan manggarai, yang terkenal akan penduduknya yang padat.
Ø  Demografi     
Baso Aci ini bisa konsumsi oleh berbagai usia, dan harganya yang ekonomis membuat banyak peminat.
Ø  Psikografi   
Yang membuat konsumen tertarik dengan Baso Aci  ini karna sedang Booming dan harga yang terjangkau

·        Target Pasar
Target kita sendiri lebih ke kumpulan anak remaja dan pelanggan yang gemar akan rasa pedas
·        Positioning

“Bakso Aci untuk Semua orang!” di lihat dari motto Baso Aci ini dengan nyata memposisikan  konsumen bahwa makanan ini bisa di nikmati oleh semua orang, berbagai usia dan siapapun, karena memang memiliki rasa yang khas dan nikmat. 



2.2  PERMINTAAN
Perkiraan kenaikan permintaan dari para konsumen di bulan Februari-Juli sebanyak 30% dan bulan Agustus-Januari mengalami peningkatan yang sangat pesat mencapai 50%.
BULAN
PERKIRAAN PERMINTAAN
(DALAM PORSI)
Februari
800 Porsi
Maret
900 Porsi
April
950 Porsi
Mei
1.000 Porsi
Juni
1.200 Porsi
Juli
1.450 Porsi
Agustus
1.700 Porsi
September
1.900 Porsi
Oktober
2.100 Porsi
November
2.350 Porsi
Desember
2.550 Porsi
Januari
2.800 Porsi

2.3. Modal 
a.     BiayaTetap
No.
Uraian
Unit
Harga(Rp)
JumlahHarga(Rp)
1.
Tempat
1
Rp.15.000.000
Rp.15.000.000
2
Mangkuk
50
Rp.10.000
Rp.500.000
3.
Sendok garpu
5 lusin
Rp.15.000
Rp.75.000
4.
Etalase
1
Rp.2.500.000
Rp.2.500.000
5.
Set Meja &Bangku
10
Rp.320.000
Rp.2.000.000
7.
Peralatan Dapur
 1 set
 Rp.2.000.000
Rp.2.000.000
Total biaya : Rp. 23.275.000







b.    Biaya Variable
No.
Uraian
Jumlah(unit)
Harga(Rp)
Jumlah Harga(Rp)
1.
Daging ayam
15kg
Rp.35.000
Rp.525.000
2.
Garam
1kg
Rp.10.000
Rp.10.000
3.
Gula
1kg
Rp.15.000
Rp.15.000
4.
Tepung tapioka
30kg
Rp.10.000
Rp.300.000
5.
Terigu
20kg
Rp.9.000
Rp.45.000
6.
Merica
1kg
Rp.20.000
Rp.20.000
7.
Bawang putih
5kg
Rp.17.000
Rp.85.000
8.
Bawang merah
2kg
Rp.25.000
Rp.50.000
9.
Cabai rawit
8kg
Rp.50.000
Rp.400.000
10.
Penyedap rasa
4kg
Rp.25.000
Rp.100.000
Total biaya : Rp.1.550.000   

Rp. 23.750.000 + Rp.1.550.000 = Rp.25.300.000





2.4  Pendapatan
Bulan
Perkiraan Pendapatan/Bulan
Februari
Rp. 13.600.000
Maret
Rp. 15.300.000
April
Rp. 16.150.000
Mei
Rp. 17.000.000
Juni
Rp. 20.400.000
Juli
Rp. 24.650.000
Agustus
Rp. 28.900.000
September
Rp. 32.300.000
Oktober
Rp. 35.700.000
November
Rp. 39.950.000
Desember
Rp. 43.350.000
Januari
Rp. 47.600.000





2.5  Keuntungan
Bulan
Keuntungan Bulan
Februari
Rp.13.600.000 – Rp.11.075.000 = Rp.2.525.000
Maret
Rp.15.300.000 Rp.2.800.000  = Rp.12.500.000
April
Rp.16.150.000 Rp.2.800.000 = Rp.13.350.000
Mei
Rp.17.000.000 Rp.2.800.000 = Rp.14.200.000
Juni
Rp.20.400.000 Rp.2.800.00 = Rp.17.600.000
Juli
Rp.24.650.000 Rp.2.800.000 = Rp.21.850.000
Agustus
Rp.28.900.000 Rp.2.800.000 = Rp.26.100.000
September
Rp.32.300.000 Rp.2.800.000 = Rp.29.500.000
Oktober
Rp.35.700.000 Rp.2.800.000 = Rp.32.900.000
November
Rp.39.950.000 Rp.2.800.000 = Rp.37.150.000
Desember
Rp.43.350.000 Rp.2.800.000 = Rp.40.550.000
Januari
Rp.47.600.000 Rp.2.800.000 = Rp.44.800.000





2.6. Rincian 4 Bauran Pemasaran
1.     Produk
·        Variabel Produk
Hanya memiliki 1 variabel yaitu  Baso Aci, tetapi banyak varian nya seperti Ganteng Aja, Ganteng Banget, Ganteng Pisan, dan Ganteng Maksimal. Diantara berbagai varian ini hanya di bedakan oleh Topping/ isinya
·        Kualitas
Dari segi kualitas sangat bagus karna lingkungan yang bersih, ditambah rasa yang unik dan gurih membuat para pelanggan suka akan kualitasnya.
·         Desain
Desain yang di pakai yaitu menggunakan desain yang menggambarkan mangkuk dan baso aci
·        Fitur
Baso Aci Ganteng ini memiliki rasa yang unik dibandingkan Baso Aci yang lainnya, rasanya yang pedas dan sangat gurih yang membuat Baso Aci Ganteng ini berbeda
·        Nama Merk
Baso Aci Ganteng
·        Kemasan
Kemasan yang dipakai berupa mangkuk untuk makan  di tempat dan cup untuk dibungkus
·         Ukuran
Hanya memiliki satu ukuran yaitu per porsi/ per mangkuk
·        Pelayanan
Dari segi pelayanan cukup baik karena masing-masing karyawan melalukan tugasnya.

2.      Price
           Daftar harga :
Ø  Ganteng Aja               : Rp.17.000
Ø  Ganteng Banget          : Rp.19.000
Ø  Ganteng Pisan             : Rp.20.000
Ø  Ganteng Maksimal      : Rp.22.000


Komentar

  1. Bisnis Plan nya kurang lengkap, ayo coba cari referensi cara membuat bisnis plan yang lengkap

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 2 Portofolio membuat 5 soal essai Aspek Hukum Dalam Ekonomi

Tulisan 1 Softskill Kelompok 5 : Makalah Tentang Prinsip & Klasifikasi HAKI